Senin, 19 Juli 2021

TAFSIR BAHRUL MUHIHT

TAFSIR BAHRUL MUHIHT

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Alqur’an sebagai sumber hukum utama memiliki banyak sekali implikasi yang dihasilkan. Dalam kegiatan pemahaman teks-teks yang ada di dalam alqur’an membutuhkan suatu proses. Proses menemukan makna ataupun ibrah dari teks alqur’an disebut tafsir sebagai sebuah alat yang dijadikan metode.
Tafsir alqur’an sendiri yang bermula dari Rasullullah hingga sekarang telah banyak melahirkan tokoh-tokoh penafsir yang banyak sekali dan ahli dalam bidang masing-masing. Secara umum ini disebabkan karena semakin beragamnya masalah yang ada disekitar masyarakat yang itu membutuhkan solusi. Sedangkan masyarakat yang butuh akan hal tersebut dalam tempat dan ruang yang tak sama. Akhirnya muncullah tokoh-tokoh penafsir yang lahir di daerahnya masing-masing. Salah satu tokoh penafsir yang akan dibahas di bawah ini adalah Abu Hayyan yang memiliki karya tafsir Bahrul muhith.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana riwayat hidup Abu Hayyan?
2.      Apa saja kitab karangan Abu Hayyan?
3.      Bagaimana isi dari tafsir bahrul muhith?
C.    Tujuan Pembahasan
1.      Untuk mengetahui riwayat hidup Abu hayyan.
2.      Untuk mengetahui kitab karangan Abu Hayyan.
3.      Untuk mengetahui isi dari tafsir bahrul muhith.


PEMBAHASAN

  • A. Riwayat Hidup Pengarang
1.      Biografi singkat dan keluarga
Nama pengarang kitab ini adalah Muhammad bin Yusof bin Ali bin Yusof bin Hayyan al-Nafzi al-Andalusi al-Jayani al-Gharnati al-Mughrabi.[1] Dikatakan al-Nafzi dinisbahkan kepada Nafzah sebagaimana yang dikatakan oleh Yakut didalam kitabnya Mu’jam al -Buldan:’Nafzah merujuk kepada Bandar di timur Andalusia’. Gelarannya disebut dengan Abi Hayyan dan gelaran inilah yang mashyur dikalangan ahli ilmu yang terdahuludan masa kini. Beliau dilahirkan di Bandar al-Gharnatah pada tahun 654.[2]
Abu Hayyan ini dilahirkan dalam bai’ah keilmuan yang menjadikan pemikirannya matang dengan semangat keilmuan yang tinngi. Beliau juga sentiasa mengikuti halaqah-halaqah bersama imam-imam. Maka bertambahlah wawasan keilmuannya dan kefahamannya khususnya dalam bidang fiqh, hadits, tafsir, bahasa dan sastra dan banyak lagi dari cabang-cabang ilmu. Beliau mengambil ilmu bayan dan badi’ dari banyak guru di antaranya Abi Hasan dan Abi Ja’far.[3]
2.      Aqidah yang di anut
Dalam sisi lain, Abu Hayyan pernah bermukim di Madinah dan di Andalus. Pada saat itu awalnya beliau berpaling dari pada ilmu-ilmu Aqliyyah seperti Falsafah, Mantiq dan Ilmu Kalam dan Astrologi dan sebagainya. Menurut Ilmuwan Islam, corak pemikiran keilmuan ini yang menjadikan masyarakat Andalus merosot dan sesat. Obsesi ini berdalih bawha menggunakan ilmu falsafah dapat menyibukkan diri dalam ilmu tersebut yang bersifat dengan sifat zindiq. Dan itulah yang dikatakan oleh pentahqiq bahwa Abu Hayyan semasa di Andalus mempunyai aqidah yang selamat. Berkata Ibn Hajar rahimahullah daalm kitabnya al-Darar tentang Aqidah Abu Hayyan: Beliau adalah boleh dipercaya, hujjah yang dhabit dan selamat dari pada ikutan falsafah dan al-I’tizal dan tajsim.
3.      Madzhab yang dipakai
Mengenai mazhab Abu Hayyan adalah beliau berpegang dengan fiqh Mazhab Maliki di Andalus kerana beliau disana mempelajari kitab Muwatta’ Imam Malik. Dalam satu riwayat didalam kitab-kitab tabaqat dan juga sejarah mengatakan beliau bertukar-tukar mazhab berbilang bilang yaitu Mazhab Maliki, Zahiri dan yang terakhir bermazhabkan Syafi’i. Selepas sampai di Mesir beliau mengikut Mazhab Syafi’i dan mengarang kitab Al-Wahaj fi Ikhtisar al-Minhaj dan Minhaj adalah karangan Imam Nawawi rahimahullah. Beliau juga mensyarahkan mazhab dalam fiqh syafi’i, kebanyakan pandangan-pandangan didalam kitab tafsirnya diambil dari pendapat Imam Syafi’i.
4.              Keluarga dan Syuyukh
Isterinya bernama Zamridah binti Abrak dan Abu Hayyan memanggilnya juga dengan Al-Abruhuki, isterinya wafat pada bulan rabiul akhir pada tahun 1736. Anak-anaknya berjumlah 2 orang dan bernama Nadhor atau lebih dikenali dengan nama Ummu al-Izzu, dan Hayyan. Cucunya seorang saja yaitu bernama Muhammad bin Hayyan bin Abi Hayyan.
Adapu nama-nama Syah tempat Abu Hayyan bertalaqqi, ialah : [4]
a.       Ahmad bin Ibrahim bin Zubair bin Hassan bin Hussin al-Thaqafi (Nahwu,Usul, Sastra dan Qiraat).
b.      Hassan bin Abdul Aziz Imam Abu Ali (Hadits, Sastra danQiraat).
c.       Ali bin Muhammad bin Abdul Rahim al-Khasni al-Abizi Abu Hassan(Bahasa Arab, Nahwu dan juga bertallaqi kitab Sibaweh dengannya).
d.      Muhammad bin Ali bin Yusof al-Alammah Radhiauddin Abu Abdullah al-Ansori al-Syatibi (pakar dalam Isnad dalam Quran).
e.       Muhammad bin Ibrahim bin Muhammad bin Abi Nashr Imam AbuAbdullah Bahauddin (Ilmu komunikasi, Perdebatan).
f.       Muhammad bin Mustafa bin Zakaria bin Khawajan bin Hassan (pakardalam bahasa Arab, Turki dan Farsi).
g.      Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Isa bin Iyash.
h.      Ahmad bin Yusof bin Ali al-Fahri.
i.        Abdul Haq bin Ali bin Abdullah bin Malik Abu Muhammad(pakar dalamkitab-kitab, Abu Hayyan telah mempelajari 7 kitab Nahwu darinya).
j.        Yasir bin Abdullah bin Muhammad bin Khalaf bin al-Yasir binMuhammad bin Abdullah bin Marwan (Qiraat). Sebenarnya banyak lagi syekh-syekh beliau yang kesemuanya berjumlah 15 orang syekh dan 10 orang syekh diatas adalah yang paling mashur.
Abu Hayyan telah meninggalkan Andalus pada tahun 1677 untuk menuntut ilmu dan tidak tahu haluan tempat menetap yang hendak dituju bahkan pergi ke satu bandar ke satu bandar untuk mencari ulama-ulama. Disana beliau berjumpa dengan al-Allamah al-Redha dan bertallaqi mengenai nasihat.Seterusnya beliau ke Syam, disana beliau bertallaqi dengan ahli Mesir danSyam disana beliau bersoal jawab mengenai masalah-masalah tertentu. Seterusnyabeliau ke Sudan dan bertemu dengan seseorang bernama Yunus dan belajar ilmudengannya.Seterusnya beliau pergi ke Iskandariah dan bertallaqi dengan Abdulal-Nasir bin Ali al-Maryuti dalam bidang qiraat. Rihlah terakhir beliau berhenti diMesir dan berehat di sana dan disanalah beliau banyakmendapat ilmu daripadapara ulama-ulama.
  • B.     Kitab-Kitab Karangan Abu Hayyan
Adapun kitab-kitab karangan Abu Hayyan diantaranya :[5]
1.      Bidang Tafsir seperti: Bahrul Muhit, dan Nahrul Mad.
2.      Bidang Qiraat seperti: Aqdu al-Lali fi Qiraat al-Sab‟I al-Awali, Al-Khalil Khaliah fi Isnad Qiraat al-Aliah, Taqrib al-Na‟I fi Qiraat al Kisa‟i. Dan banyak lagi, terdapat 11 kitab kesemuanya dalam bidang qiraat.
3.      Bidang Fiqh seperti: Al-Wahaj fi Ikhtisar al-Minhaj, Al-Anwar al-Ajali fi Ikhtisar al-Mahla, Masail al-Rasyid fi Tajrid Masail Nihayah Ibn Rasd, tetapi tidak sempatselesai kitabnya, dan Al-i‟lambi Arkan Islam.
4.      Bidang Bahasa seperti: Itihaf al-Arib bima fi al-Quran, Irtidha ‟ fil Farqu baina Dhad wa zho’, Al-Idra‟ al-Lisan.Banyak lagi kitab-kitabnya dalam bidang ini semuanya berjumlah 8 buahkitab.
5.      Bidang Nahwu seperti: Al-Tazkirah, Al-Syazan fi Masailah Kaza, Al-Syazarah, dan Ghoyah al-Ihsan fi Ilmu Lisan.
  • C.    Tafsir Bahrul Muhit
Sebelum masuk pada pembahasan yang lebih jauh, penulis memberikan penjelasan bahwa hanya menemukan sedikit literatur tentang munculnya tafsir bahrul muhith. Bahwa Abu Hayyan menulis karyanya ini karena beliau sadar bahwasannya segala keilmuan yang ada di dunia ini adalah penting terutama keilmuan yang menyangkut dengan kehidupan abadi yang memberikan kebahagiaan. Dimana kebahagian disini bisa di raih dengan ilmu, utamanya ilmu yang berkaitan tentang kitabullah yakni ilmu tafsir dan menafsirkan alqur’an. Maka dari itu, Abu Hayyan sangat menekuni berbagai cabang ilmu yang akhirnya bisa melahirkan tafsir Bahrul Muhith.[6]
Tafsir Bahrul Muhit merupakan salah satu kitab tafsir yang tergolong tafsir Bir-Ra’yi.[7] Pengarangnya Syeikh Mummad bin Yusuf bin Hayyan al-Andalusi. Lahir pada tahun 654 H dan meninggal pada tahun 754 H. Tafsirnya berjudul Al-Bahr al-Muhit yang terdiri dari delapan jilid.[8] Adapun sekilas gambaran dari pendahuluan tafsir Bahrul Muhit ialah:[9]
Ø  Muqaddimah penulis
Ø  Metode Abu Hayyan dalam mengarang atau menyusun tafsir ini
Ø  Ilmu-ilmuyang dibutuhkan seseorang untuk  melakukan penafsiran
Ø  Syarat-syarat wajib yang dipenuhi seorang Mufasssir
Ø  Mengigat keutamaan-keutamaan Al-Quran
Ø  Ahli Tafsir dari kalangan Sahabat
Ø  Ahli Tafsir dari kalangan Tabi’in
Ø  Metode penafsiran pada masa awal dan masa mutakhir
Ø  Mengetahui definisi ilmu tafsir secara bahasa dan istilah
Ø  Targhib tafsir quran.
Adapun karakteristik tafsir ini ialah:
1.      Dalam tafsir Bahru Muhit dilengkapi dengan beberapa cabang ilmu yang meliputi Nahwu, Saraf, Balaghah,hukum-hukum Fiqih dan yang lainnya yang dianggap olehnya masih ada hubungannya dengan rujukan Tafsir.
2.      Bahasa pengungkapannya cukup mudah.
3.      Dinamakan dengan, Al-Bahr al-Muhit’ memandang penuhnya ilmu yang relevan dengan tafsir di dalamnya.
4.      Abu Hayyan banyak bergantung kepada kitab tafsir sebelumnya seperti kitab Zamaksyari dan Ibn Atiyah.
5.      Beliau menyebut tentang Israiliyyat dan Haditsh maudu' tetapi kebanyakan beliau nyatakan kedudukan dan ketidak sahihannya dan memberi keterangan kepada pembaca supaya tidak terpedaya dengannya. Cerita Israiliyyat yang ada dalam tafsirnya ialah tentang kisah batu Nabi Musa AS dan keadaannya. Adapun Hadits palsu ialah sebagaimana yang diadakan terhadap Nabi SAW tentang nama 12 bintang yang dilihat oleh Nabi Yusuf AS dalam mimpinya.
6.      Meletakkan syawahid syair dalam menuliskan Tafsirnya karena disisinya syawahid syair mempunyai tempat yang tinggi dalam pembinaann Qawaid  Nahwu dan lebih mudah baginya menerangkan makna ayat dan juga beliau membuat penerangan-penerangan yang banyak.
7.      Menyebutkan ketarangan-keterangan Qiraat dan I’rab. Ini kerana tinjauan yang berbeda atas analisis keduanya akan menghasilkan makna yang berlainan.[10]
1.  Metodologi Tafsir Bahrul Muhit
Berdirinya tafsir Abu Hayyan dengan asas dari pada Nahwu dan Lughah, dari sini menampakkan kekuatan tafsirannya dalam setiap bab dan penerangan yang jelas. Didalam menulis tafsirnya Abu Hayyan banyak menggunakan metode dirayah dan Ijtihad.[11] Disamping itu, beliau menyusun kitab tafsirnya ini dengan kaedah-kaedah berikut:[12]
1.      Meletakkan kalimat-kalimat mufradat yang berkaitan ayat di permulaan setiap surah. Dalam menjelaskan ayat Ibnu Hayyan terlebih dahulu menafsirkan mufradat ayat, menafsirkan lafaz perlafaz yang kiranya diperlukan. Ini bertujuan supaya penafsiran menjadi lebih jelas dan mengelakkan kesalahan daripada satu kalimah yang kadang-kadang mempunyai dua makna dan satu lafal yang berbeda mempunyai makna yang sama. Contoh dalam konteks ini adalah surah al-Baqarah [2] ayat 7:
Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. dan bagi mereka siksa yang Amat berat.[13]
Dalam menjelaskan ayat tersebut Ibnu Hayyan terlebih dahulu menjelaskan tentang beberapa makna mufradat yang terdapat dalam ayat tersebut. Ia mengungkapkan bahwa  al-khatmu (dalam ayat tersebut): sepadan dengan ungkapan al-wasm memberi tanda dengan setempel atau dengan alat yang bisa digunakan untuk memberi tanda. Setelah ia menjelaskan kata tersebut kemudian ia menjelaskan mufradat yang selanjutnya yaitu kata al-qalb menurut Ibnu Hyyan  merupakan bentuk masdar dari ungkapan qallabaAl-Qalb merupakan sebongkah organ  yang diketahui, al-Qalb di namai sebagai Masdar. Al-Qalab baik dalam al-Qur’an maupun dalam ungkapan lain sering digunakan, disepadankan dengan ungkapan al-‘aql (akal).  Ungkapan al-Qalab juga dimutlakan sebagai inti dari setiap sesuatu dan inti yang paling murniAl-Sam’u: merupakan bentuk masdar dari ungkapan sami’a- sam’an, sama’an dalam beberapa tempat ia disepadankan dengan uzun (telinga ). Al-Basru: sepadan dengan ungkapan nur al-‘ain yaitu sesuatu yang dapat menemukan hal-hal yang dapat dilihat. Begitu juga dengan mufradat ayat-ayat selanjutnya seperti ungkapan ghisyawah, ‘azab dan alim.[14]
2.      Meletakkan Asbabun Nuzul. Perkara ini adalah penting karena itu adalah salahsatu ilmu yang wajib dipelajari oleh seorang penafsir dan juga untuk mengetahui kepada siapa dan untuk apa ayat itu diturunkan, mengetahui nasikh dan mansukh dan kemunasabahan ayat-ayat apabila dibandingkan dengan ayat-ayat sebelum atau selepasnya.
3.      Tidak memastikan kepada dirinya dalam menilai keshahihan suatu hadits tetapi,melalui analisis darimana sumber hadits tersebut.
4.      Terdapat juga hadits-hadits dha‟if didalam tafsirannya yang mana diriwayatkan oleh seorang yang tidak tshiqah. Ini beliau cantumkan hanya memberi keterangan kepada pembaca untuk tidak terpedaya dengannya. Hal ini jugasangat bsedikit dan jarang sekali dijumpai.
5.      Meletakkan juga pembahasan fiqh 4 mazhab jikabeliau menemukan keterangan-keterangan yang berkaitan dengan soal hukum-hukum fiqh.
2.      Contoh Tafsir Al-Bahr Al-Muhit dalam Karya Abu Hayyan
TafsirAyat 180 Surah al-A’raf Menurut Abu Hayyan:
Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.[15]
Abu Hayyan al-Andalusi di dalam kitab tafsirnya Al-Bahr Al-Muhit Menerangkan bahawasanya setelah melihat kronologi ayat 179 surah Al-A’raf sampai kepada ayat 180 surah Al-A’raf, ternyata Allah telah memberikan peringatan penting kepada umat manusia agar mengingati Allah dan menyeru kepadaNya dengan Asma al-Husna.
Menurut beliau, cara inilah yang mampu menyelamatkan umat manusia dan jin dari api Neraka. Sesungguhnya hati yang lalai daripada Allah akan mudah diresapi penyakit cinta dunia. Tambahan pula, apabila seseorang itu selalumenyeru Allah dengan nama-namaNya yang terbaik dan senantiasa mengingat Allah akan timbul kelazatan ketika melakukan perintah Allah dan meninggalkan laranganNya.[16]
Diantara kutipan lain dalam tafsirnya, antara lain :
قال مقاتل : دعا رجل افم تعالى في صلاته ومرة دعا الرحمن ، فقال أبو جهل : أليس يزعم محمد وأصحابه أنهم يمدون رلأ واحدأ فما بال هذا يدعو اقي فزلت،
Mukatil berkata, seorang laki-laki berdo’a kepada Allah Ta’ala di dalam shalatnya berkali-kali menyebut Ar-Rahman. Melihat hal itu, Abu Jahalberkata : Bukankah Nabi Muhammad dan Sahabat-sahabatnya berkata bahwa mereka beribadah kepada Tuhan yang satu. Maka ada apa dengan dengan do’a semacam ini? Maka turunlah ayat ini.[17]
فال الزمخشري : .... م فادعوه بها ى أي نادوم هاكقولك ت يا اف يارحمن يا مالك وصا أفجه ذلك ن وقال الزمخغري ت فنوم بملك الأسماء جعله من باب دعوت ابمي محل اغ أي سبه بهذا الاسم واختلف في الاسم الذي يفضي مدحأ خالصا ولا تعلق به خجهة ولا اشتراك إلا أنه لم يرد محموصأ هل يطلق وص اغ صار به فمذ القاضي أبو بكر اياقلاني على الجواز ومحن أبو الخض والأخرى على المنع
Hal diatas beliau meriwayatkannya dari Imam Al-Zamakhsyari apa yangdimaksudkan dengan perkataan, ialah serulah kepada Allah dengannama-nama yang terbaik dan para ulama telah berselisih pendapat di dalamperkara yang berkaitan dengan penamaan menggunakan nama-nama Allah keatasselainNya. Abu Bakar al-Baqilani berpendapat harus, manakala Abu Hassanal - Asy‘ari, jumhur ulama dan para fuqaha berpendapat tidak harus dan inilahpendapat yang paling tepat.[18]
Dalam menyusun kitab tafsirnya tidak lepas dari berbagai referensi kitab-kitab klasik lainnya. Hal ini beliau lakukan demi mewujudkan Kitab ini sesuai dengan namanya Al-Bahru Al-Muhit. Referensi-referensi tersebut bersumber dari berbagai disiplin ilmu selama masih terkait dengan wawasan tafsir. Ini bukan berarti penulisan kitab Bahrul Muhit seutuhnya atas landasan kitab-kitab terdahulu. Namun, tidak jarang juga beliau melakukan kritikan terhadap kitab-kitab tersebut. Beliau hanya melakukan penilaian atas kitab-kitab terdahulu dan mengambilnya yang beliau yakni serta membantahnya yang dianggapnya salah dengan landasan Al-Quran dan Hadits. Adapun referensi-referensi yang dimaksud ialah:
1.      Bidang Tafsir
Untuk disiplin keilmuan ini, Beliau mengambil dari kitab syaikhnya ImamSholeh al-Qudwah al-Adib Jamaluddin Abi Abdullah Muhammad bin Sulaiman bin Hassan bin Hussin al-Maqdisi al-Ma’ruf bi Ibni Naqib, yaitu: Al-Kasyaf, Muharar al-wajiz, dan Tahrir wa tahbir.
2.      Bidang Qiraat: Al-Iqna’, dan Kitab Misbah.
3.      Bidang Hadits: Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abi Daud, Sunan Nasa‟i, dan Sunan Tirmidzi, Sunan Ibn Majah, Musnad Thialisi, Sunan Daruqutni, Mu‟jam Kabir/ Awsad/ Shorir.
4.      Bidang Nahwu: Al-Kitab, Al-Tashil, Al-Mumta’, Al-Takmil syarah Tashil, dan Al-Tazkirah.
5.      Bidang Ushul Fiqh: Al-Mahsul, Al-Isyarah, Syarh Kitab Isyarah, Mukhtasar al-Mahsul, dan Al-Qawaid.
6.      Bidang Fiqh: Al-Mahla, dan Al-Anwar al-Ajali fi Ikhtisar al-Mahla.
7.      Bidang Tarikh: Al-Sirah, Qalaid al-Aqyan wa Mahasin al-A’yan, dan Syilah.
8.      Bidang Ushuluddin, tidak disebutkan kitab yang khusus berkaitan sumber usuluddin.
9.      Bidang Balaghah: Minhaj al- Bulagha’e wa Syaraji al-Adaba’, Nizam al-Quran, dan Al-Intisar fi I’jaz al-Quran.[19]



PENUTUP

  • A.    Kesimpulan
Abu hayyan adalah seorang tokoh tafsir yang lahir pada tahun 654 H. Beliau lahir di lingkungan yang sangat menjunjung tinggi dalam hal keilmuan. Beliau merupakan pengant madzhab Maliki yang kemudian karena perjalanan keilmuannya berpindah ke madzhab Syafi’i. Beliau memiliki 25 guru secara keseluruhan, dan beliau juga dikarunia dua orang anak.
Karya-karya beliau sangat banyak sekali dalam berbagai bidang keilmuan seperti, bidang tafsir, fiqh, balaghah, nahwu, qira’at yang kesemuanya itu tidak hanya satu karya saja. Karya tafsirnya sendiri yaitu albahru muhith yang berisikan 8 jilid dan telah berhasil memberikan warna pada dunia penafsiran. Tafsir bahrul muhith muncul karena Abu Hayyan yang memiliki kepedulian terhadap keilmuan utamanya ilmu alqur’an. Kemudian, metode penafsiran yang digunakan dalam karyanya adalah metode tahlili dengan pengambilan sumber dari nahwu, balaghah, dan riwayat. Secara keseluruhan tafsir bahrul muhith bercorak pada tafsir bir ra’yi. Tafsir ini memang lebih banyak fokus dalam kajian bahasa dan nahwu, karena kedua hal ini memang menjadi penting ketika ingin menafsirkan teks alqur’an.
  • B.     Saran
Contoh-contoh metodologi penafsiran yang ditawarkan oleh para penafsir klasik masih sangat menarik dan lebih kental akan keilmuan. Sebagai umat Islam yang tak lepas akan sejarah, utamanya sejarah tafsir yang menjadi penjembatan dalam memahami alqur’an. Kita tidak melupakan atau menggeser posisi tafsir klasik dengan tafsir kontemporer yang ada sekarang ini.


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Agama RI. Alqur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Al-Hidayah. 2002.

Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Abu. Bahrul Muhith fi at Tafsiir. Beirut: Dar al-Fikr, 1420.

Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, AbuTafsir Bahrul Muhith. Libanon: Dar al-kutub al-‘ilmiah. 1993.

Hamid al-Bilaly, Abdul. al-Mukhtashar al-Mashun min Kitab al-Tafsir wa al Mufashirun. Kuwait: Daar al-Dakwah. 1405.

http://www.islamicbook.ws/qbook/albhr-001.html, di akses pada tanggal 29 September 2014 pukul 23:04 wib.






[1]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Bahrul Muhith fi at Tafsiir, (Beirut: Dar al-Fikr, 1420), h. 4.
[2]Abdul Hamid al-Bilaly, al-Mukhtashar al-Mashun min Kitab al-Tafsir wa al Mufashirun, (Kuwait: Daar al-Dakwah, 1405), h. 8.
[3]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Bahrul Muhith fi at Tafsiir,… h. 4.
[4]Abdul Hamid al-Bilaly, al-Mukhtashar al-Mashun min Kitab al-Tafsir wa al Mufashirun,… h. 8.
[5]Abdul Hamid al-Bilaly, al-Mukhtashar al-Mashun min Kitab al-Tafsir wa al-Mufashirun,… h.25.
[6]Sumber: http://www.islamicbook.ws/qbook/albhr-001.html, di akses pada tanggal 29 September 2014 pukul 23:04 wib.
[7]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Tafsir Bahrul Muhith, (Libanon: Dar al-kutub al-‘ilmiah, 1993), h. 60.
[8]Ibid., h. 27.
[9]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Bahrul Muhith fi at Tafsiir,... h. 2
[10]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Bahrul Muhith fi at Tafsiir,… h. 6.
[11]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Tafsir Bahrul Muhith,... h. 59.
[12]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Bahrul Muhith fi at Tafsiir,… h. 75.
[13]Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, (Surabaya: Al-Hidayah, 2002), h. 3.
[14] Lebih jauh lihat dalam Tafsir Bahrul Muhith.......
[15]Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya,... h. 234.
[16]Abu Hayyan Muhammad Ibn Yusuf Ibn ‘Ali, Tafsir Bahrul Muhith,... h. 426.
[17]Ibid.,
[18]Ibid., h. 427.
[19]Ibid., h. 60-61.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Contact Person

Untuk saling berbagi dan sharing, mari silaturrahmi!

Address:

Mojo-Kediri-Jawa Timur (64162)

Work Time:

24 Hours

Phone:

085735320773

Diberdayakan oleh Blogger.