Praktik Takhrij Hadits
Nabi Tidur Bersama Istri Sahabat
Pendahuluan
A.
Latar belakang
Nabi sebagai
sumber hukum islam tentu segala bentuk yang pernah beliau kerjakan menjadi
pijakan umat islam melakukan sesuatu. Lebih-lebih dalam masalah ibadah sudah barang
tentu semuanya harus dikembalikan pada cara rosulloh beribadah. Selain ibadah,
rosullah juga menjadi suri tauladan pada kehidupan sehari-hari. Jadi seluruh
perilaku beliau memberikan hukum kepada umatnya, baik berupa hukum sunnah,
wajib, makruh jawaz atau haram.
Salah satu hadits
yang pernah dicatat oleh para muhorroj adalah perihal beliau pernah tidur
dipangkuan istri seorang sahabat yang bernama ummi harom tatkala sang suami tak
ada dirumah. Ada dua indikasi yang muncul dari hadits tersebut. Pertama,
diperbolehkannya tidur berduan dengan istri orang lain tatkala suaminya pergi.
Kedua, apakah perilaku tersebut hanya husus perilaku nabi dan tidak boleh
dilakukan oleh umatnya.
Tugas pemikir
yang menghendaki penelitian atas pesan dasar yang terdapat dari hadits
tersebut, ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, yang harus dilakukan oleh
seorang peneliti adalah kritik sanad. Yakni, yakni menelaah dengan dalam, sebarapa
kuat hadits tersebut jika dilihat dari mata rantai pembawa haditsnya. Bila ini
tidak dilakukan, maka memungkinkan hadits tersebut adalah hadits palsu. Dan hadits
palsu tidak bisa dipakai sebagai sumber rujukan hukum. Kedua, penelitian matan.
Hal ini bisa dilakukan bila memang yang pertama sudah dilakukan dan
menghasilkan akan kuatnya mata rantai hadits tersebut.
B.
Rumusan Masalah
a.
Bagaimana Takhrij Hadits perihal Nabi pernah tidur dipangkuan istri
seorang sahabat yang bernama Ummi Harom?
b.
Bagaimana kritik sanad Hadits perihal Nabi pernah tidur dipangkuan
istri seorang sahabat yang bernama Ummi Harom?
C.
Tujuan
a.
Untuk mengetahui dimana saja
Hadits perihal Nabi pernah tidur dipangkuan istri seorang sahabat yang
bernama Ummi Harom itu ditulis oleh para muhorroj.
b.
Untuk mengetahui kekuatan sanad Hadits perihal Nabi pernah tidur
dipangkuan istri seorang sahabat yang bernama Ummi Harom.
Takhrij Hadits
A.
Data Penelusuran
Metode takhrij
yang kita perlakukan adalah sebara banyak modal awal yang kita ketahui dari hadits
yang akan kita teliti. Misalnya kita hanya mengetahui rowi pertama, maka kita harus
dengan menggunakan metode kitab musnad. Sebab disana dipaparkan hadits apa saja
yang pernah diriwayakan oleh perowi tersebut.
Lain lagi bila
kita sudah tahu matan hadits tersebut. Maka kita bisa dengan menggunakan metode
kitab atrof. Sebab disana dengan mudah mendapati hadits apa saja yang dimulai
dengan lafat awal matan hadits. Misalnya permualaan matan hadits nya adalah
kaliman "Kana" maka
kita langsung menuju hadits-hadits yang dimulai dengan lafat "Kana".
Penulis disini
lebih mudah menggunakan model yang kedua. Yakni dengan kitab atrof. Setelah
mendapatkan sanad lengkap pada kitab atrof, kami lanjutkan mendeteksi dari
kitab musnad. Sebab, satu hadits yang terdapat di dalam kibab atrof, tentu
memungkinkan masih ada jalur lain yang dicatat di kitab musnad.
Awalnya kami
mempunya modal awal matan Hadits perihal Nabi pernah tidur dipangkuan istri
seorang sahabat yang bernama Ummi Harom berupa lafat "Kana". Kami
dapati pada kitab atrof dengan rowi pertama Hadits perihal Nabi pernah tidur
dipangkuan istri seorang sahabat yang bernama Ummi Harom adalah ummi harom itu
sendiri. Sebab beliau adalah pelaku dalam hadits tersebut.
Kita tahu bahwa
ummi harom adalah syahabat yang posisinya sebagai pelaku di dalam tragedi
tersebut. Dari itu, sudah barang tentu banyak sekali jalur sanad yang bersumber
dari beliau. Untuk mengatasi hal tersebut, kami lanjutkan pada kitab musnad.
Guna memperoleh jalur apa saja yang
bersumber dari Ummi harom.
Guna melengkapi
kevalitan data takhrij kami, kami lakukan kajian isi hadits tersebut untuk
mendapati tema besar apa yang dikandung hadits tersebut. Hal ini untuk
mempermudah penelitian kita pada kitab-kitab hadits yang penyusunannya dengan
sistematika tema-tema fiqih seperti kutub as-sittah.
B.
Bukti penelusuran
Dari proses
panjang yang seperti kami paparkan pada sub A, kami dapati hadits perihal Nabi
pernah tidur dipangkuan istri seorang sahabat yang bernama Ummi Harom ini dalam
beberapa kitab induk matan. Diantaranya:
1.
Imam Malik dalam kitabnya Al-Muatho' .
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad |
At-Targhib
Fil Jihad |
1)
Anas Bin Malik 2)
Ishaq Bin Abdullah Bin Abi Tholhah 3)
Malik 4)
Yahya 5)
Imam Malik |
464 |
994 |
2 |
2.
Imam Al-Buchori di dalam
kitabnya Shohih Al-Buchori
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad
Wa Al- Sair |
Ad-Du'a Bil Jihad |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin Abdullah Bin Abi Tholhah 4)
Malik 5)
Abdullah Bin yusuf 6)
Imam Al-Buchori |
1027 |
2636 |
3 |
a.
Kitab At-Ta'biir.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
At-Ta'biir |
Ru'ya Bi An-Nahar |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin abdillah Bin Abi Tholhah 4)
Malik 5)
Abdullah Bin yusuf 6)
Imam Al-Buchori |
2570 |
6600 |
6 |
b.
Kitab Al-Isti'dzan pada bab juz
halaman nomer indek hadits.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Al-Isti'dzan |
Perang Rumawi |
1)
Ummi Harom 2)
Umair Bin Al Aswad 3)
Holid Bin Ma'dan 4)
Tsur Bin Yazid 5)
Yahya Bin Hamzah 6)
Ishaq Bin Yazid Ad-Dimasyqi 7)
Imam Al-Buchori |
2316 |
2924 |
5 |
c.
Kitab Badil Wahyi bab.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Badil
Wahyi |
Keutamaan Orang Yang Mendermakan
Dirinya Dijalan Allah |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya 5)
al-Laits 6)
abdulloh Bin Yusuf. 7)
Imam Al-Buchori |
21 |
2800 |
4 |
3.
Imam Muslim dalam kitab shohih nya. Yakni pada kitab jus halaman
nomer indek hadits.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Imaaroh |
Keutamaan
perang |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin abdillah Bin Abi Tholhah 4)
Malik 5)
Yahya Bin Yahya 6)
Imam Muslim |
1518 |
1912 |
3 |
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Imaaroh |
Keutamaan
perang |
1)
Ummi Harom 2)
Ummi Harom 3)
Anas Bin Malik 4)
ibnu Habban 5)
Yahya Bin syaid 6)
al-Laits 7)
Yahya Bin Yahya dan Muhammad Bin Rumhi Bin Al-muhajir 8)
Imam Muslim |
1518 |
1913 |
3 |
4.
Ibnu majah dalam kitabnya
sunan ibnu majah kitab di bab. Juz hal.
nomer hadits.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad |
Keutamaan perang di laut |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
ibnu Habban/ muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya Bin syaid 5)
al-Laits 6)
Muhammad Bin Rumhi Bin Al-muhajir 7)
Ibnu Majjah |
77 |
2776 |
4 |
5.
Abub dawud dalam kitabnya
sunan abu dawud pada kitab a pada bab fadlol al-ghozwi fil bahri juz halaman indek hadits:
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad |
Keutamaan perang di laut |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin abdillah Bin Abi Tholhah 4)
Malik 5)
Al-Qo'nAbiyyu 6)
Imam Abi Dawud |
6 |
2491 |
3 |
6.
Imam at-thurmudzi dalam kitab
jami'nya dan Diriwayatkan dari mu'in Bin isa.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad |
Keutamaan perang di laut |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin abdillah Bin Abi Tholhah 4)
Malik 5)
main 6)
musa Al-Anshori 7)
Ishaq 8)
Imam Turmudzi |
178 |
1645 |
4 |
7.
Imam nasa'I dalam kitab sunan
an-nasa'I . Dari jalur
abdurohman Bin qosim.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad |
Keutamaan perang di laut |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin abdillah Bin Abi Tholhah 4)
Malik 5)
Ibnu Qosim 6)
Muhammad Bin Salamah dan Al-Hartsu Bin miskin 7)
An-Nasa'I |
40 |
3171 |
6 |
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Jihad |
Keutamaan perang di laut |
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
ibnu Habban/ muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya Bin syaid 5)
Hamad Bin Salamah 6)
Yahya Bin HAbib Bin Arobi 7)
An-Nasai |
40 |
3174 |
6 |
8.
Muhammad Bin said dalam kitabnya at-thobaqot al-kubro juz hal.. Diriwayatkan oleh muin Bin isa.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
|
Ummi Harom
|
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
ibnu Habban/ muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya Bin syaid 5)
Hamad Bin Salamah 6)
Afwan Bin Muslim 7)
Muhammad Bin said |
435 |
230 |
8 |
9.
Ahmad Bin hambal dalm kitabnya musnad ahmad Bin hambal juz hal. Diriwayatkan dari Abi salamah mansur Bin
salamah.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
|
Ummi Harom
|
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ibnu Habban/ muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya Bin syaid 5)
Hamad Bin salamah 6)
Ruh 7)
Abdullah. |
240 |
2707 |
3 |
10.
Ibnu Hibban dalm kitabna shohih ibnu Hibban dalam kitab ihsan juz 15 hal
1438. Dari jalur mus'ab al zAbiri dan al-walid Bin Muslim.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Ibnu Hibban |
Ummi Harom
|
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
ibnu Habban/ muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya Bin syaid 5)
al-Laits 6)
isa Bin Hummad 7)
umar Bin Muhammad al-hamdani 8)
Ibnu Hibban. |
240 |
2707 |
3 |
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Ibnu Hibban |
Sifat Ummi Harom
|
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
Ishaq Bin abdillah Bin Abi Tholhah 4)
Ahmad Bin Abi Bakar 5)
Umar Bin Said Bin Sannan Al-Tho'i 6)
Ibnu Hibban |
15 |
6667 |
3 |
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
Ibnu Hibban |
Sifat Ummi Harom
|
1)
Ummi Harom 2)
Anas Bin Malik 3)
ibnu Habban/ muhammad Bin Yahya Bin Habban 4)
Yahya Bin syaid 5)
Hummad Bin Zaid 6)
Abdullah Bin Ummar Al-Quwariri 7)
Muhammad Bin Husain 8)
Ibnu Hibban |
15 |
7189 |
3 |
11.
Abdul Rozzaq dalam Kiabnya Al
Mushonnaf.
Kitab |
Bab |
Rowi |
Halaman |
No. Index |
Jilid |
|
Jihad |
1)
Ummi Harom 2)
Attok bin Yasar 3)
Zaid bin Aslam 4)
Muammar |
455 |
9629 |
4 |
C.
Redaksi Hadits
1.
Imam Malik dalam kitabnya Al-Muatho' .bab At-Targhib Fil Jihad kitab Jihad no 994
994
- حدثني يحيى عن مالك عن إسحاق بن عبد الله بن أبي طلحة عن أنس بن مالك قال :كان رسول
الله صلى الله عليه و سلم إذا ذهب إلى قباء يدخل على أم حرام بنت ملحان فتطعمه وكانت
أم حرام تحت عبادة بن الصامت فدخل عليها رسول الله صلى الله عليه و سلم يوما فأطعمته
وجلست تفلي في رأسه فنام رسول الله صلى الله عليه و سلم يوما ثم استيقظ وهو يضحك ....
2.
Imam Al-Buchori di dalam kitabnya Shohih Al-Buchori
a.
Kitab Jihad Wa Al-
Sair Bab Ad-Du'a Bil Jihad No.
Index2636
3-
باب الدُّعَاءِ بِالْجِهَادِ وَالشَّهَادَةِ لِلرِّجَالِ وَالنِّسَاءِ.
2788
و2789- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ ، عَنْ مَالِكٍ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ
اللهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّهُ
سَمِعَهُ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَدْخُلُ عَلَى أُمِّ حَرَامٍ
بِنْتِ مِلْحَانَ فَتُطْعِمُهُ وَكَانَتْ أُمُّ حَرَامٍ تَحْتَ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ
فَدَخَلَ عَلَيْهَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَأَطْعَمَتْهُ وَجَعَلَتْ تَفْلِي
رَأْسَهُ فَنَامَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ثُمَّ اسْتَيْقَظَ وَهُوَ يَضْحَكُ
قَالَتْ فَقُلْتُ وَمَا يُضْحِكُكَ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي عُرِضُوا
عَلَيَّ غُزَاةً فِي سَبِيلِ اللهِ يَرْكَبُونَ ثَبَجَ هَذَا الْبَحْرِ مُلُوكًا عَلَى
الأَسِرَّةِ ، أَوْ مِثْلُ الْمُلُوكِ عَلَى الأَسِرَّةِ شَكَّ إِسْحَاقُ قَالَتْ ،
فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَجْعَلَنِي مِنْهُمْ فَدَعَا لَهَا
رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ثمَّ وَضَعَ رَأْسَهُ ثُمَّ اسْتَيْقَظَ وَهُوَ يَضْحَكُ
فَقُلْتُ وَمَا يُضْحِكُكَ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي عُرِضُوا عَلَيَّ
غُزَاةً فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَا قَالَ فِي الأَوَّلِ قَالَتْ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ
اللهِ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَجْعَلَنِي مِنْهُمْ قَالَ : أَنْتِ مِنَ الأَوَّلِينَ فَرَكِبَتِ
الْبَحْرَ فِي زَمَانِ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ فَصُرِعَتْ عَنْ دَابَّتِهَا
حِينَ خَرَجَتْ مِنَ الْبَحْرِ فَهَلَكَتْ.
b.
Kitab At-Ta'biir. Bab Ru'ya Bi An-Nahar
No. Index6600
صحيح
البخاري ـ حسب ترقيم فتح الباري (9/ 43)
- باب
الرُّؤْيَا بِالنَّهَارِ.7001- حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ ، أَخْبَرَنَا
مَالِكٌ ، عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ
بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَدْخُلُ عَلَى أُمِّ
حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ وَكَانَتْ تَحْتَ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ فَدَخَلَ عَلَيْهَا
يَوْمًا فَأَطْعَمَتْهُ وَجَعَلَتْ تَفْلِي رَأْسَهُ فَنَامَ رَسُولُ اللهِ صلى الله
عليه وسلم ثُمَّ اسْتَيْقَظَ وَهْوَ يَضْحَكُ. 7002- قَالَتْ فَقُلْتُ مَا يُضْحِكُكَ
يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي عُرِضُوا عَلَيَّ غُزَاةً فِي سَبِيلِ
اللهِ
c.
Kitab Al-Isti'dzan pada bab Perang Rumawi halaman 2316nomer indek hadits2924.
صحيح
البخاري ـ حسب ترقيم فتح الباري (4/ 51)
93- باب
مَا قِيلَ فِي قِتَالِ الرُّومِ.
2924-
حَدَّثَنِي إِسْحَاقُ بْنُ يَزِيدَ الدِّمَشْقِيُّ ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ
، قَالَ : حَدَّثَنِي ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ أَنَّ عُمَيْرَ
بْنَ الأَسْوَدِ الْعَنْسِيَّ حَدَّثَهُ أَنَّهُ أَتَى عُبَادَةَ بْنَ الصَّامِتِ وَهْوَ
نَازِلٌ فِي سَاحِلِ حِمْصَ وَهْوَ فِي بِنَاءٍ لَهُ وَمَعَهُ أُمُّ حَرَامٍ قَالَ
عُمَيْرٌ فَحَدَّثَتْنَا أُمُّ حَرَامٍ أَنَّهَا سَمِعَتِ النَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم يَقُولُ أَوَّلُ جَيْشٍ مِنْ أُمَّتِي يَغْزُونَ الْبَحْرَ قَدْ أَوْجَبُوا قَالَتْ
أُمُّ حَرَامٍ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ أَنَا فِيهِمْ قَالَ : أَنْتِ فِيهِمْ ثُمَّ
قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَوَّلُ جَيْشٍ مِنْ أُمَّتِي يَغْزُونَ مَدِينَةَ
قَيْصَرَ مَغْفُورٌ لَهُمْ فَقُلْتُ أَنَا فِيهِمْ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ : لاََ.
d.
Kitab Badil Wahyi bab. Keutamaan Orang Yang Mendermakan
Dirinya Dijalan Allah No. Index2800
باب فَضْلِ
مَنْ يُصْرَعُ فِي سَبِيلِ اللهِ فَمَاتَ فَهُوَ مِنْهُمْ.
وَقَوْلِ
اللهِ تَعَالَى : {وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللهِ وَرَسُولِهِ
ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللهِ} وَقَعَ وَجَبَ.
2800-
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ ، قَالَ : حَدَّثَنِي اللَّيْثُ ، حَدَّثَنَا
يَحْيَى ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ
خَالَتِهِ أُمِّ حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ قَالَتْ نَامَ النَّبِيُّ صلى الله عليه
وسلم يَوْمًا قَرِيبًا مِنِّي ثُمَّ اسْتَيْقَظَ يَتَبَسَّمُ فَقُلْتُ مَا أَضْحَكَكَ
قَالَ أُنَاسٌ
3.
Imam Muslim dalam kitab shohih nya. Yakni pada kitab Imaaroh
nomer indek hadits1912.
باب
فَضْلِ الْغَزْوِ فِى الْبَحْرِ
5043
- حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى طَلْحَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
-صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَدْخُلُ عَلَى أُمِّ حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ فَتُطْعِمُهُ
وَكَانَتْ أُمُّ حَرَامٍ تَحْتَ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ فَدَخَلَ عَلَيْهَا رَسُولُ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمًا فَأَطْعَمَتْهُ ثُمَّ جَلَسَتْ تَفْلِى رَأْسَهُ
فَنَامَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- ثُمَّ اسْتَيْقَظَ وَهُوَ يَضْحَكُ قَالَتْ
فَقُلْتُ مَا يُضْحِكُكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « نَاسٌ مِنْ أُمَّتِى عُرِضُوا
عَلَىَّ غُزَاةً فِى سَبِيلِ اللَّهِ يَرْكَبُونَ ثَبَجَ هَذَا الْبَحْرِ مُلُوكًا
عَلَى الأَسِرَّةِ أَوْ مِثْلَ الْمُلُوكِ عَلَى الأَسِرَّةِ ».
4. Imam Muslim dalam kitab shohih nya.
Yakni pada kitab Imaaroh nomer indek hadits1913
5045
- وَحَدَّثَنَاهُ مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ وَيَحْيَى بْنُ يَحْيَى
قَالاَ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنِ ابْنِ حَبَّانَ عَنْ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ خَالَتِهِ أُمِّ حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ أَنَّهَا قَالَتْ
نَامَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَوْمًا قَرِيبًا مِنِّى ثُمَّ اسْتَيْقَظَ
يَتَبَسَّمُ - قَالَتْ - فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا أَضْحَكَكَ قَالَ « نَاسٌ
مِنْ أُمَّتِى عُرِضُوا عَلَىَّ يَرْكَبُونَ ظَهْرَ هَذَا الْبَحْرِ الأَخْضَرِ ».
ثُمَّ ذَكَرَ نَحْوَ حَدِيثِ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ.
5.
Ibnu majah dalam kitabnya sunan ibnu majah kitab Jihad di
bab Keutamaan perang di laut. Juz hal.
nomer hadits2776.
10-
بَابُ فَضْلِ غَزْوِ الْبَحْرِ
2776-
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ ، أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ
، عَنِ ابْنِ حَبَّانَ هُوَ مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ ، عَنْ خَالَتِهِ أُمِّ حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ ، أَنَّهَا قَالَتْ : نَامَ
رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ يَوْمًا قَرِيبًا مِنِّي ثُمَّ اسْتَيْقَظَ
يَتَبَسَّمُ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ ، مَا أَضْحَكَكَ ؟ قَالَ : نَاسٌ مِنْ
أُمَّتِي عُرِضُوا عَلَيَّ يَرْكَبُونَ ظَهْرَ هَذَا الْبَحْرِ كَالْمُلُوكِ عَلَى
الأَسِرَّةِ
6.
Abub dawud dalam kitabnya sunan abu dawud pada kitab Jihad pada bab Keutamaan perang di laut fadlol
al-ghozwi fil bahri halaman indek hadits 2491:
حَدَّثَنَا
الْقَعْنَبِىُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِى طَلْحَةَ
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله
عليه وسلم- إِذَا ذَهَبَ إِلَى قُبَاءٍ يَدْخُلُ عَلَى أُمِّ حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ
- وَكَانَتْ تَحْتَ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ - فَدَخَلَ عَلَيْهَا يَوْمًا فَأَطْعَمَتْهُ
وَجَلَسَتْ تَفْلِى رَأْسَهُ. وَسَاقَ هَذَا الْحَدِيثَ. قَالَ أَبُو دَاوُدَ وَمَاتَتْ
بِنْتُ مِلْحَانَ بِقُبْرُصَ
7.
Imam at-thurmudzi dalam kitab jami'nya Kitab Jihad.
Bab Keutamaan perang di laut No. Index1645
باب
15 ما جاء في غزوة البحر
1645
- حدثنا إسحق بن موسى الأنصاري حدثنا معن حدثنا مالك عن إسحق بن عبد الله بن أبي طلحة
عن انس بن مالك أنه سمعه يقول : كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يدخل على أم حرام
بنت ملحان فتطعمه وكانت أم حرام تحت عبادة بن الصامت فدخل عليها رسول الله صلى الله
عليه و سلم يوما فأطعمته وجلست تفلي رأسه فنام رسول الله صلى الله عليه و سلم ثم استيقظ
وهو يضحك
8.
Imam nasa'I dalam kitab sunan an-nasa'I . Kitab Jihad
Bab Keutamaan Dari jalur abdurohman Bin qosim. No. Index3171
فضل
الجهاد في البحر
3171
- أخبرنا محمد بن سلمة والحرث بن مسكين قراءة عليه وأنا أسمع عن بن القاسم قال حدثني
مالك عن إسحاق بن عبد الله بن أبي طلحة عن أنس بن مالك قال : كان رسول الله صلى الله
عليه و سلم إذا ذهب إلى قباء يدخل على أم حرام بنت ملحان فتطعمه وكانت أم حرام بنت
ملحان تحت عبادة بن الصامت فدخل عليها رسول الله صلى الله عليه و سلم يوما فأطعمته
وجلست تفلي رأسه فنام رسول الله صلى الله عليه و سلم ثم استيقظ وهو يضحك
Imam nasa'I dalam kitab sunan an-nasa'I . Kitab Jihad
Bab Keutamaan Dari jalur abdurohman Bin qosim. No. Index3174.
أخبرنا
يحيى بن حبيب بن عربي قال حدثنا حماد عن يحيى بن سعيد عن محمد بن يحيى بن حبان عن أنس
بن مالك عن أم حرام بنت ملحان قالت أتانا رسول الله صلى الله عليه و سلم وقال عندنا
فاستيقظ وهو يضحك فقلت يا رسول الله بأبي وأمي ما أضحكك
9.
Muhammad Bin said dalam kitabnya at-thobaqot al-kubro Bab
Ummi Harom No. Index 230. Diriwayatkan oleh muin Bin isa.
230-
أَخْبَرَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ ، أَخْبَرَنَا
يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ ، عَنْ أُمِّ حَرَامِ بِنْتِ مِلْحَانَ قَالَتْ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَيْتِي فَاسْتَيْقَظَ وَهُوَ يَضْحَكُ ، قَالَتْ
: قُلْتُ : يَا نَبِيَّ اللَّهِ بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي مِمَّ تَضْحَكُ ؟
10.
Ahmad Bin hambal dalm kitabnya musnad ahmad Bin hambal Bab Ummi
Harom Diriwayatkan dari Abi salamah mansur Bin salamah. No. Index 2707
27077 - حدثنا عبد الله حدثني أبى ثنا روح قال ثنا
حماد يعنى بن سلمة عن يحيى بن سعيد عن محمد بن يحيى بن حبان عن أنس بن مالك عن أم حرام
انها قالت : بينا رسول الله صلى الله عليه و سلم قائلا في بيتي إذ استيقظ وهو يضحك
- حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ،
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، أَنَّ امْرَأَةً، حَدَّثَتْهُ
(1) قَالَتْ: نَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ اسْتَيْقَظَ
وَهُوَ يَضْحَكُ فَقُلْتُ: تَضْحَكُ مِنِّي يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: " لَا،
وَلَكِنْ مِنْ قَوْمٍ مِنْ أُمَّتِي يَخْرُجُونَ غُزَاةً فِي الْبَحْرِ مَثَلُهُمْ
مَثَلُ الْمُلُوكِ عَلَى الْأَسِرَّةِ "، قَالَتْ: ثُمَّ نَامَ، ثُمَّ اسْتَيْقَظَ،
أَيْضًا يَضْحَكُ، فَقُلْتُ: تَضْحَكُ يَا رَسُولَ اللهِ مِنِّي، قَالَ: " لَا،
وَلَكِنْ مِنْ (2) قَوْمٍ مِنْ أُمَّتِي يَخْرُجُونَ غُزَاةً فِي الْبَحْرِ فَيَرْجِعُونَ
قَلِيلَةً غَنَائِمُهُمْ مَغْفُورًا لَهُمْ " قَالَتْ ادْعُ اللهَ
11.
Ibnu Hibban dalm kitabna shohih ibnu Hibban dalam kitab ihsan juz
15 hal 1438. Dari jalur mus'ab al zAbiri dan al-walid Bin Muslim.
ذكر تمثيل
النبي صلى الله عليه وسلم غزاة البحر بالملوك على الأسرة
4608
- أخبرنا عمر بن محمد الهمداني، حدثنا عيسى بن حماد، أخبرنا الليث، عن يحيى بن سعيد،
عن محمد بن يحيى بن حبان، عن أنس بن مالك عن خالته أم حرام بنت ملحان أنها قالت: نام
رسول الله صلى الله عليه وسلم يوما قريبا مني، ثم استيقظ يتبسم، فقلت: يا رسول الله
ما أضحكك؟
ذكر الإخبار
عن وصف موت أم حرام بنت ملحان
6667
- أخبرنا عمر بن سعيد بن سنان الطائي، قال: أخبرنا أحمد بن أبي بكر، عن مالك عن إسحاق
بن عبد الله بن أبي طلحة عن أنس بن مالك أنه سمعه يقول: كان رسول الله صلى الله عليه
وسلم يدخل على أم حرام بنت ملحان، فتطعمه، وكانت أم حرام تحت عبادة بن الصامت، فدخل
عليها رسول الله صلى الله عليه وسلم يوما، فأطعمته، ثم جلست تفلي رأسه، فنام رسول الله
صلى الله عليه وسلم، ثم استيقظ وهو يضحك،
Ibnu Hibban dalm kitabna shohih ibnu Hibban dalam kitab Sifat Ummi Harom
juz 15 hal 1438. No. Index7189
ذكر أم
حرام بنت ملحان رضي الله تعالى عنها
7189-
أخبرنا محمد بن الحسين بن مكرم البزار بالبصرة حدثنا عبيد الله بن عمر القواريري حدثنا
حماد بن زيد حدثنا يحيى بن سعيد عن محمد بن يحيى بن حبان عن أنس بن مالك عن أم
حرام قالت: أتانا رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال عندنا فاستيقظ وهو يضحك قالت:
قلت: يا رسول الله بأبي أنت وأمي ما أضحكك؟
12.
Abdul Rozzaq dalam Kiabnya Al Mushonnaf. Bab Jihad
No. Index9629
(9629) عن معمر، عن زيد بن أسلم، عن عطاء بن يسار،
أن امرأة حذيفة حدثته قالت: نام رسول الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثم استيقظ
وهو يضحك، فقلت: تضحك مني يا رسول الله؟ قال: "لا، ولكن من قوم من أمتي يخرجون
غزاةً في البحر، مثلهم كمثل الملوك على الأسرة" ثم نام، ثم استيقظ أيضاً، فضحك،
Kritik Sanad
A.
Redaksi Hadits
حَدَّثَنَا
عَبْدُ اللهِ بْنُ يُوسُفَ ، عَنْ مَالِكٍ عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي
طَلْحَةَ ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُولُ
كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَدْخُلُ عَلَى أُمِّ حَرَامٍ بِنْتِ مِلْحَانَ
فَتُطْعِمُهُ وَكَانَتْ أُمُّ حَرَامٍ تَحْتَ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ فَدَخَلَ عَلَيْهَا
رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَأَطْعَمَتْهُ وَجَعَلَتْ تَفْلِي رَأْسَهُ فَنَامَ
رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ثُمَّ اسْتَيْقَظَ وَهُوَ يَضْحَكُ قَالَتْ فَقُلْتُ
وَمَا يُضْحِكُكَ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي عُرِضُوا عَلَيَّ غُزَاةً
فِي سَبِيلِ اللهِ يَرْكَبُونَ ثَبَجَ هَذَا الْبَحْرِ مُلُوكًا عَلَى الأَسِرَّةِ
، أَوْ مِثْلُ الْمُلُوكِ عَلَى الأَسِرَّةِ شَكَّ إِسْحَاقُ قَالَتْ ، فَقُلْتُ :
يَا رَسُولَ اللهِ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَجْعَلَنِي مِنْهُمْ فَدَعَا لَهَا رَسُولُ
اللهِ صلى الله عليه وسلم ثمَّ وَضَعَ رَأْسَهُ ثُمَّ اسْتَيْقَظَ وَهُوَ يَضْحَكُ
فَقُلْتُ وَمَا يُضْحِكُكَ يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي عُرِضُوا عَلَيَّ
غُزَاةً فِي سَبِيلِ اللهِ كَمَا قَالَ فِي الأَوَّلِ قَالَتْ ، فَقُلْتُ : يَا رَسُولَ
اللهِ ادْعُ اللَّهَ أَنْ يَجْعَلَنِي مِنْهُمْ قَالَ : أَنْتِ مِنَ الأَوَّلِينَ فَرَكِبَتِ
الْبَحْرَ فِي زَمَانِ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ فَصُرِعَتْ عَنْ دَابَّتِهَا
حِينَ خَرَجَتْ مِنَ الْبَحْرِ فَهَلَكَتْ.
Artinya: Suatu saat rosulloh berkunjung kerumahnya umi harom binti
milhan. Kemudian ummi harom menyuguhkan makanan kepada rosulloh. Ummi harom
adalah istri sahabat yang bernama ubadah bin al-Shomit. Setelah itu, rosulullah
meletakkan kepalanya dipangkuan ummi Harom sembari mencari kutu dikepala
rosulloh. lantas rosullah terlelap kemudian bangun dan tersenyum. Umi Harom
bertanya, " apa yang membuat baginda rosul tersenyum, Wahai Utusan Allah?.
B.
Analisi itisol
Dalam rangka
menganalisis keutuhan itisol atau pertemuan sanad satu dengan yang lain, kami
mendeteksi dari masa hidup dan pertemuan mereka dalam masa hidupnya. Pertama,
bila dilihat dari masa hidup para sanadnya, jelas pertemuan mereka pada tahap
dewasa. Kedua dari sisi siapa saja guru-guru beliau yang pernah disusu ilmunya.
Ketiga, daerah yang pernah mereka singgahi. Keempat, bila tidak terdapat
informasi dalam proses belajar rowi pada seorang perowi, memungkinkan juga
dilihat dari rowi lain yang mungkin masih semasa perowi dalam sanad tersebut.
Kelima, pernyataan perowi langsung. Keenam, hubungan kerabat atau nasab antar
perowi. Ketujuh, adanya hadits lain yang menegaskan terjadi pertemuan langsung
atau terjadi sesuatu antara mereka misalnya pernah pergi bersama atau pernah
makan bersama.
1.
Ummi harom dengan anas bin malik
Ada banyak
alasan untuk memvonis pertemuan anas bin malik dengan ummi harom. Pertama, Ummi
harom dan anas bin malik sama-sama hidup di masa sahabat dan wafat mereka tidak
terlampau jauh. Kedua, mereka sama-sama menjadi orang terdekat nabi. Anas bin
malik adalah pelayan sekaligus kerabat dekat dengan nabi. Sedangkan ummi harom
juga kerabat dekat nabi, tepatnya ummi harom adalah saudara persusuan dari ummi
mutholib. Ketiga, ummi harom dan anas bin malik masih mempunyai hubungan
kerabat yang sangat dekat. Ummi harom adalah saudara ibu anas bin malik. Jadi
anas bin malik adalah keponakan dari ummi harom. Keempat, diantara perowi yang
menjadi guru dari anas bin malik adalah ummi harom. Kelima, umur anas bin malik
ketika ummi harom meninggal kurang lebih 24 tahun.
Dengan berbagai
pertimbangan diatas, sangat kuat sekali pertemuan kedua perowi tersebut
terjadi. Anas bin malik sendiri dalam banyak hal sering meriwayatkan hadits
ummi harom, sebab beliau sendiri yang tahu atau sangat dekat dalam hubungan
darah. Misalnya, hadits dari ummi harom tentang imam sholat juga diperoleh anas
bin malik dari ummi harom.
2.
Anas bin malik dengan Iashaq bin abdullah bin abi tholhah
Pertama, Iashaq
bin abdullah bin abi tholhah adalah perowi yang tergolong hidup pada masa
tabi'in. beliau wafat pada tahun 132 hijriyah. Sedangkan anas bin malik wafat
pada tahun 93 hijriyah. Maka memungkinkan pertemuan diantara keduanya.kedua,
bila dilihat guru-guru beliau ada anas bin malik maka keduanya sangat mungkin
untuk bertemu. Ketiga, anas bin malik adalah paman Iashaq bin abdullah bin abi
tholhah. Lebih tepatnya ibu Iashaq bin abdullah bin abi tholhah yang bernama
ummi salim adalah saudari dengan anas bin malik.
3.
Iashaq bin abdullah bin abi tholhah dengan malik bin anas
Pertama, bila
di lihat dari wafatnya Iashaq bin abdullah bin abi tholhah pada tahun 132
sedangkan malik bin anas lahir pada tahun 93 H dan wafat pada tahun 179 H. maka
pada saat Iashaq bin abdullah bin abi tholhah wafat malik bin anas berumur 39
tahun. Jadi malik bin anas ketika Iashaq bin abdullah bin abi tholhah telah
dewasa. Kedua, diantara guru malik bin anas adalah Iashaq bin abdullah bin abi
tholhah. Ketiga,
4.
Malik bin anas dengan Abdullah Bin Yusuf At-Tunisiy
Pertama, malik
bin anas lahir pada tahun 93 H dan wafat pada tahun 179 H. sedangkan Abdullah Bin Yusuf At-Tunisiy wafat tahun 218 maka ketika malik
bin anas meninggal beliau sudah dewasa. Kedua, keterkaitan keduanya adalah guru
dan murid. Ketiga, bakar bin mudir adalah guru dari Abdullah Bin Yusuf At-Tunisiy sedang bakar bin mudier ini adalah
orang yang hidup semasa malik bin anas.
5.
Abdullah Bin Yusuf
At-Tunisiy dengan imam buchoriy
Pertama,
Abdullah Bin Yusuf At-Tunisiy adalah
guru dari imam buchori. Imam buchori mendapat hadits darinya sekitar 364 hadits.
kedua, imam buchori lahir pada tahun tahun 194H dan wafat pada tahun 256 H sedangkan
Abdullah Bin Yusuf wafatpada
tahun 218 H. jadi ketika Abdullah Bin
Yusuf meninggal dunia imam buhori telah
dewasa. Ketiga, imam buhcori pernah satu majlis dengan Abdullah Bin Yusuf ketika di masjidil harom.
C.
Analisis sanad
1.
Ummi Harom
Menurut
mayoritas ahli takhrij mereka sepakat atas kestiqohan para sahabat termasuk
ummi harom. Sebab, pertama beliau adalah saudara persusuhan sekaligus istri
sahabat terpercaya yakni ubadah bin shomit. Kedua, beliau masuk islam dengan
baiat rosulloh. Ketiga beliau termasuk sahabat yang pernah melakukan sholat dua
qiblat. Keempat,
2.
Anas Bin Malik
Menurut
mayoritas ahli takhrij mereka sepakat atas kestiqohan para sahabat termasuk
ummi harom. Sebab, pertama beliau adalah sahabat sekaligus pelayan rosullah
selama 10 tahun. Kedua, beliau salah satu sahabat yang mendapat perlakuan husus
dari rosul. Yakni ketika beliau masih kecil pernah didoakan menjadi orang
sholih oleh nabi. Ketiga, pernyataan langsung dari nabi bahwa anas bin malik
adalah sahabat terpercaya.
3.
Ishaq Bin Abdullah Bin Abi Tholhah
Menurut
al-maziy : termasuk tsiqot fi hujjah dan juga al-hafidz. Menurut abi hatim,
ishaq bin abi mansur, abu zar'ah an-nasa'I bahwa beliau termasuk pada tsiqoh.
Bahkan beliau mendapat gelar najiih yang artinya orangyang kapasitasnya bisa
dipakai sebagai hujjah. Jadi, kreidibilitas beliau sangat bisa dijadikan status
beliau sebagai hamilu hadits terpercaya yang haditsnya bisa dijadikan hujjah.
4.
Malik Bin Anas
Menurut imam buhori beliau termasuk al-hafidz.
Menurut abi hatim, ishaq bin abi mansur, abu zar'ah an-nasa'I bahwa beliau
termasuk pada tsiqoh tsiqoh. Artinya gelar itu telah mengangkat kridebilitas
beliau sebagai pembawa sekaligus penghimpun hadits yang terpercaya.
5.
Abdullah Bin Yusuf At-Tunisiy
menurut imam
malik, dalam muathoknya abdullah bin yusuf at-tunisiy termasuk dalam atsbatun an-nas. Sedangkan
menurut abi hatim dan at-thotory termasuk tsiqoh tanpa ada pengulangan.
D.
Kesimpulan sanad
Catatan
saya, bila dilihat dari sisi jalur sanad
dari berbagai redaksi dan perowi yang ada dan tercatat dalam kitab matan hadits.
perowi yang mendapat hadits dari Ummi Harom ada 3 orang perowi, yakni:
1)
Anas Bin Malik (sanadnya Paling kuat dan paling Masyhur)
2)
Umair Bin aswad (sanadnya kuat menurut Al-Buhori)
3)
Atho' Bin yasar (sanadnya lemah sebab adanya mubhamnya rowi
a'la/tahrif Rowi)
Namun, dari
ketiga perowi tersebut yang paling masyhur dan paling terpercaya adalah Rowi hadits
dari Anas Bin Malik. Sebab, dari beliaulah hadits yang banyak didapati oleh
para muhorroj dan jalurnya yang diklaim banyak muadil sebagai jalur yang kuat
baik dari sisi perowi atau kejelasan nama perowi.
Kemudian, dari
sekian muhorroj hadits Ummi Harom melalui jalus Anas Bin Malik semuanya ada 4
perowi:
1)
Ishaq Bin Abdullah Bin Tholhah
2)
Muhammad Yahya Bin Habban
3)
Abu thowalah Abdullah Bin abdurrohman al anshori
4)
Al mukhtar Bin fulful (riwayat At-Tobroni)
Dalam hal ini,
penulis hanya berhasil mengulas periwayatan dari jalur anas bin malik. Sebab
keterbatasan tersebut, kami menyimpulkan bahwa perowi dari jalus anas bin malik
bisa dipercaya dan sanadnya semua muttasil menurut syarat imam buchori dan imam
muslim. Hal ini didasarkan pada:
1.
Persinngungan masa hidup yang masih bersentuhan antara para perowi hadits.
2.
Persingungan tempat tinggal yang memungkinkan terjadinya pertemuan
diantara para perowi.
3.
Persinggungan saudara diantara perowi sangat dekat.
4.
Persinggungan setatus guru dan murid diantara perowi sangat kuat.
Sedangkan bila
dianalisa dari ketepercayaan pare perowi, kesemuanya termasuk dalam syarat yang
diajukan bucori dan muslim. Yakni, adanya persinggungan masa hidup dan adanya
pertemuan langsung. Dan kridibelitas para perowi juga tidak bisa dianggap
remeh. Keseluruhan para perowi telah mendapat pentakdilan oleh para ahli pada
tingkat tsiqoh dan adil.
Semua jalur
sanad secara umum redaksi matanya sama. Yang intinya menceritakan tentang
kronologi kejadian Nabi masuk rumahnya ummi Harom, seorang istri sahabat yang
bernama Ubadah Bin Shomit. Setelah itu, lantas Nabi tidur dipangkuan Ummi
Harom. Akan tetapi ada satu jalur yang berbeda dengan jalur sanad lainnya,
yakni riwayat dari Ishaq Bin Abdullah Bin Abi tholhah. Poinya pada lafad : فلي أُمّ حَرَام رأس النَّبِيّ - صلى الله عليه وسلم - "
Perlu
diketahui, ada perbedaan redaksi tentang nama abu salamah dengan abu usamah.
Namun menurut penelitian Ibnu Hajar dalam kitabnya Athroful Musnad juz 1 hal. 273, yang benar adalah Abu
Salamah.
Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah para perowi hadits perihal nabi bersama ummi harom adalah dapat dipercaya dan bisa dijadikan hujjah. Sedangkan jalur sanadnya adalah ittisol atau tidak terputus.
0 komentar:
Posting Komentar